Pages

Monday, April 1, 2013

JEJAK EKOLOGIKU




JEJAK  EKOLOGI KU
Oleh:
WARGUSTINI
NPM : 12.13.101.1126
PPSKM STIK BINA HUSADA PALEMBANG


A.       EKOLOGI
            Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungnanya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani yaitu, oikos (“habitat”) dan logos (“ilmu”). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Dalam ekologi, kita mempelajari makhluk hidup sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya
B.       JEJAK EKOLOGI
            Jejak  ekologi adalah satusistem yang mengukur seberapa banyak tanah dan air yang diperlukan populasi manusia untuk menghasilkan sumber yang mereka habiskan danmenyerap limbah  yang dihasilkannya.(Wackernagel dan Rees,1996)
            Fachruddin M. Mangunjaya dalam buku Bertahan di Bumi: Gaya  Hidup Menghadapi Perubahan Iklim menjelaskan bahwa jejak ekologi merupakan cara untuk mengukur dampak manusia terhadap alam dan lingkungan. “Analisa jejak ekologi ini dilakukan dengan membandingkan gaya hidup dan konsumsi manusia terhadap sumber daya yang dibebankan pada kemampuan daya dukung alam (biocapacity) untuk mencukupi kebutuhan tersebut,” tulis Fachruddin. Lebih lanjut Fachruddin menjelaskan, dampak atau beban manusia terhadap alam dikonversikan dengan luas daerah (baik tanah maupun perairan) yang dibutuhkan untuk menunjang hidup manusia sekaligus yang akan menyerap limbah yang akan kita hasilkan. Satuannya adalah global hektar (gha).“Karenanya, seberapa luas yang kita butuhkan bergantung pada gaya hidup kita. Apakah boros, hemat, seberapa banyak limbah yang kita hasilkan, dan seberapa berbahaya untuk bumi,” paparnya.
C.       CARA MENGHITUNG SEBERAPA BESAR JEJAK EKOLOGIKU
             Jika tiap individu ingin mengetahui jejak ekologinya dan mengukur jejak ekologi kita berdasar standar yang telah ditentukan, menggunakan kuis maka  beberapa faktor yang menjadi komponen penghitungan adalah bagaimana jejak rantai makanan (food), tempat berteduh (shelter), perjalanan untuk berkegiatan (mobility), barang (goods), jasa (service). Dari 5 jejak ini terasa mobilitas, makanan, dan perumahan mendapat porsi penyelidikan yang besar. Sebaliknya barang dan jasa hanya sekelumit mendapat penilaian. Dari hasil reka-reka jawaban, ternyata memang sangat sulit untuk menghasilkan jawaban yang tak lebih dari 1 yang berarti cukup “nerimo” dengan kondisi alamiah bumi.

SEBERAPA BESAR JEJAK EKOLOGIKU
A.  Transportsi                                                                   
1.  Dengan apa anda bepergian hari ini?
a) Berjalan…..0
b) Bersepeda…..5
c) Dengan Angkutan Umum….4x10
d) Menumpang.....15
e) Kendaraan Pribadi ….5X30
(Kalikan setiap skor dengan berapa sering metode  tsb dipakai dalam satu hari dan kemudian di total.)
Sub-Total: 170
B.  Penggunaan Air                                                             
1.  Seberapa banyak air yang digunakan?
a)  Tidak mandi….0
b)  Mandi, 1-2 menit. ….5
c)  Mandi, 3-6 menit.…1X10
d)  Mandi, 10 min ….   20
e)  Mandi dengan air satu bath tub penuh…1X20
f)  Mandi dengan air setengah bath tub….10
g)  Mandi dengan air bekas orang lain….10
h)  Menggosok gigi dg air kran tetap mengucur…2X5
i)  Mencukur kumis/jenggot dengan air kran tetap mengucur….5
Sub-Total: 35

C.  Berpakaian                                                                                                            
 1.  Saya menggunakan pakaian lebih dari sekali sebelum di cuci?
a)  Sering….0
b)  Kadang-kadang….3X 5
c)  Tidak pernah….10
2.  Saya menggunakan pakaian bekas (yg diperbaiki)
a)  iya….(-5)    b)  tidak….0
3.  Saya memperbaiki baju saya sendiri?
a)  ya….(-5)     b)  Tidak….0
3.  50% dari baju saya adalah baju turunan?
a)  ya….(-5)     b)  tidak….0
4.  Saya membersihkan dan mengeringkan baju?
a)  none….0     b)  1-5 lembar….10     c) lebih dari 6 lembar…1X20
Sub-total: ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­30

D.  Rekreasi                                                                                       
Mengenali permainan, olahraga, dan aktivitas dimana anda terlibat, pada hari biasa di waktu senjang.
1. Seberapa banayak peralatan yg diperlukan ?
a)  tidak ada atau sedikit..0   b)  beberapa…. 10    c)  cukup banyak….20
2.  Seberapa luas lahan yg dibutuhkan untuk bermain di lapangan, dataran es, kolam renang, untuk memenuhi kebutuhan rekreasi anda?
a)  tidak ada atau sedikit….0   b) sedang (<1 hektar) 1x  10   c) cukup besar (>hektar)…20
(Lihat tabel konversi pada akhir kuis untuk bantuan)
3.  Saya menghabiskan uang hari ini untuk belanja (pakaian, baju, peralatan olahraga)?
a)  Tidak ada….0   b)$5…5    c)$10…10   c)$10+…1 pt. per dollar
Sub-Total: 0

E.  Makanan                                                                                                      

1.  Berapa porsi daging yang dimakan sehari?
a)  0…0X0  b) 1 porsi…. 10   c) 2 porsi….20   d) 3 porsi….30
2.  Seberapa banyak makan bersisa di piring?
a) tidak ada1x  0    b) sedikit…1X5   c) cukup banyak….10
3. Saya mengkonsumsi campuran sisa sayur dan buah?
a)  ya….0                     b)  tidak….2X 10
4.  Makanan yg saya makan adalah makanan lokal?
a)  semuanya….0          b)  beberapa...1.X10     c) tidak ada….20
5.  Makanan yg saya makan adalah produk organik?
a)  semuanya….0          b)  beberapa.. 10           c) tidak ada….20
6.  Makanan yg dikonsumsi dibunkus plastik/kertas?
a)  Tidak….0                b) beberapa….2X10    c) Semuanya….20
Sub-Total:  50

F.  Sampah
1. Jika saya membuang seluruh sampah  pd hari ini, seberapa besar penampungan sampahnya?
a)  peti kayu….30                                                                                            

b)  kotak sepatu….1x 20
c)  secangkir…5
d)  tidak ada sampah….0
Sub-Total: ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­17

Add Sub-Totals of “A-F” for Total 1: 340

G.  Ruang Tinggal                                                                                               

1.  Hitung dalam satuan meter persegi ruang indoor yg  diperlukah dlm keseharian. Termasuk semua ruangan di rumah (termasuk garasi), sekolah (kantin, kelas), kantor (ruang kantor pribadi, area kerja, toilet). Bagi luas total ruangn dg jumlah orang di dalamnya.

Contoh:
   Living Space Averages          Educ. Space/Per Student
Ave. Dorrm Space – 25 sq m   Classroom & Lab – 30 sq m
Ave. Apt. space     - 35 sq m    Administration    -   3 sq m
                                    Other            -   5 sq m
Add up “a-d” for “Total Square Meters”.
(1 sq. meter = 10 sq. feet)
a)  “Home” sq. meters = 300
      divided by # of people = 60          Sq meters
b)  School sq. meters = __300_____________
      divided by # of people = ____5___________ Sq meters
c)  Office sq. meters = 100
      divided by # of people =  20            Sq meters
d)  other sq. meters = ________30________
      divided by # of people = _________3________ Sq meters
Total 2: 83
TOTAL KESELURUHAN= (Total 1 + Total 2)  X  3
 385 X 3 = 11,55


Anda telah menghitung total dari ‘tiga’ tipikal keseharian anda. Sekarang ubah total keseluruhan tsb menjadi jejak ekologis pribadi anda, menggunakan rumus dibawah:
Total keseluruhan dibagi 100 = jejak ekologi anda dalam satuan hektar
JEJAK EKOLOGIKU  = 11,55 HEKTAR
Conversion Table:
1 hectare = a square 100 meters on each side
(about the size of the parking lot just outside this building)
1 hectare = 2.5 acres
640 acres = 1 sq. mile
1 sq. mile = 259 hectares
Warrensburg occupies about 4 sq. miles.
 
JADI TOTAL KESELURUHAN = (A+B+C+D+E+F+G)X3
                                    =(170+35+30+50+17+83)X3
                                    = 385X3   = 1155 HEKTAR
JEJAK EKOLOGIKU =  1155
                                          100
                                       = 11,55 Ha

Jadi Jejak ekologiku 11,55 Ha, ini dapat digunakan sebagai ukuran kemampuan saya dalam mendukung keberlanjutan bumi ini, dan menjadi indikator terbaik dan efisien dalam mendukung kelangsungan kehidupan. Alat ukur ini menjadi penting dalam konteks untuk mengetahui apakah kegiatan konsumsi yang saya lakukan masih dalam batas daya dukung lingkungan ataukah sudah melampaui ambang, dengan kata lain masih dalam surplus ataukah sudah dalam defisit (penurunan kualitas) ekologi.

DAFTAR PUSTAKA
Dirjen ESDM. 2010. Kebijakan Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata  Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar Lain. Makalah Seminar. FP UB-Dirjen ESDM Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral, 15 Januari 2010

"Global Footprint Network Homepage." Global Footprint Network. www.footprintnetwork.org

            Hairiah.K,Mein e van Noordwijk, and Stephan Weise. Sustainability of Tropical Land Use Systems After Forest Conversion 
http://azayluphna.blogspot.com/2010/10/ekologi-sumber-daya-alam.html

http://www.youtube.com/watch?v=gxk13_LOoI0
            Suharto, E. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Rafika Aditama.

       Wackernagel, Mathis and W. Rees. Our Ecological Footprint. Gabriola Island, BC: New Society Publishers, 1996.


                                          

No comments:

Post a Comment